Diberdayakan oleh Blogger.

Troubleshooting Computer





Kita akan membahas permasalahan yang sering timbul pada komputer serta penanganannya. Masalah yang sering terjadi pada sebuah komputer biasanya disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya adalah cara pemakaian yang sembrono karena tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang komputer, atau yang ditimbulkan karena masalah kelistrikan seperti arus listrik yang terlalu tinggi, mati mendadak, korsleting, tegangan naik turun, atau karena usia komputer yang sudah tua. Nah kali ini kita akan kupas langkah demi langkah untuk mengatasi masalah yang sering timbul pada computer.

1.      Komputer Tidak Hidup

Biasanya  penyebab kenapa komputer tidak hidup atau tidak ada power adalah karena kabel listrik tidak terpasang dengan benar, kabel listrik ada yang rusak, terjadi kerusakan pada UPS, stabilizer atau Power Supply. Adapun cara menangani masalah tersebut adalah sebagai berikut: 

  • Tahap pertama cek Power Supply, jika kipas pada Power Supply mati maka yang harus kita lakukan adalah mengecek semua koneksi kabel apakah sudah terpasang dengan benar atau belum.
  • Jika sudah terpasang dengan benar dan Power Supply belum hidup, maka cek semua kabel yang ada di Power Supply supply terutama kabel yang berhubungan langsung dengan arus listrik dan kabel yang berwarna hijau dan abu-abu. Apabila belum hidup, kemungkinan Power Supply pada computer tersebut bermasalah atau rusak.
  • Jika menggunakan UPS atau stabilizer, maka cek juga keduanya apakah masih berfungsi dengan baik. Dan jika tidak berfungsi dengan baik, maka perbaiki atau diganti dengan yang lain.    

2.      Komputer Hidup Tapi Tidak Muncul Gambar Pada Monitor

  • Cek kabel power monitor apakah kabel tersebut tidak rusak atau belum terhubung dengan listrik. Gantilah kabel jika rusak atau hubungkan ke arus listrik jika belum terhubung.
  • Jika sudah dilakukan dan belum juga hidup, maka cek kembali VGA pada motherboard dan pastikan VGA terpasang dengan baik dan tidak kendor, lalu coba hubungkan kembali pada monitor kemudian cek juga seting warna contrast, brightness pada monitor sudah benar atau belum
  • Jika sudah dilakukan dan belum juga hidup, maka cobalah ganti dengan monitor yang lain atau tes dahulu monitor ke computer lain.
  • Jika tidak berhasil kemungkinan besar ada kerusakan pada VGA, maka cobalah untuk mengganti VGA dengan yang baru.
 
3.      Komputer Hang Atau Crash

Ketika kita sedang menjalankan computer tiba-tiba berhenti, tidak merespon, mouse atau keyboard tidak berfungsi dan lain sebagainya, maka penanganannya adalah:

  • Restart computer melalui tombol restart yang ada pada chasing.
  • Jika hang terjadi ketika menjalankan program aplikasi, maka coba tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan, maka akan muncul windows task manager. Dan biasanya program aplikasi yang menyebabkan hang akan ditandai dengan status not responding, sedangkan apikasi yang sedang berjalan akan ditandai dengan status running, lalu setelah itu klik pada program aplikasi yang ditandai dengan status not responding kemudian klik pada tombol perintah end task. Jika berlangsung lama maka lakukan restart.
  • Setelah itu cek program aplikasi tersebut dan jika hal itu yang menyebabkan hang maka install ulang aplikasi tersebut.
  • Jika masih hang maka install ulang operasi system sebab bias jadi terkena virus.
  • Jika hal tersebut belum menyelesaikan masalah, maka kerusakan mungkin terjadi pada hardware.

4.      Arti Dan Maksud Pada Tanda Bunyi Beep

Jika computer anda tidak mau booting bahkan terdengar bunyi beep, itu merupakan tanda dari computer bahwa ada masalah pada computer tersebut, nah tanda berupa bunyi beep itu mengandung arti atau maksud tertentu. Mari kita cermati bunyi beep yang terjadi dan apa penyebabnya.

o       Jika PC mengeluarkan bunyi beep satu kali, maka tidak ada masalah dengan computer anda namun jika mengeluarkan bunyi beep panjang satu kali, itu merupakan tanda bahwa terjadi masalah pada memori. Cara pengatasinya adalah cek kartu memori apakah sudah terpasang dengan benar dan jika sudah anda lakukan namun masih saja terdengar bunyi beep panjang berarti memori PC tersebut bermasalah dan harus diganti.
o       Jika mengeluarkan bunyi beep panjang satu kali dan dua kali pendek, itu merupakan tanda bahwa terjadi masalah pada DRAM parity. Maka cara pengatasinya adalah dengan menggosok atau membersihkan kuningan pin memori lalu pasang kembali.
o       Jika PC mengeluarkan bunyi beep panjang satu kali dan tiga kali pendek, itu merupakan tanda bahwa terjadi masalah pada VGA CARD, maka cara pengatasinya adalah sama seperti penanganan pada memori.

Jika PC mengeluarkan bunyi beep panjang terus menerus, itu merupakan tanda bahwa terjadi masalah pada modul memori ata video.

jika ingin tahu lebih jelas tentang bunyi beep pada Komputer KLIK DISINI....

terima kasih telah menggunjungu blog saya. semoga bisa menjadi refrensi untuk anda.

0 Komentar untuk "Troubleshooting Computer"

Back To Top